INFORMASI TENTANG FAKULTAS USHULUDDIN IAIN IMAM BONJOL PADANG

Fakultas Ushuluddin IAIN Imam Bonjol Padang resmi didirikan sejak tanggal 29 Nopember 1966, sejalan dengan peresmian IAIN Imam Bonjol Padang berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama RI No.77/1966 tertanggal 21 Nopember 1966. Sejak saat itu, Fakultas Ushuluddin telah berkiprah untuk mencapai tujuan pendirian IAIN Imam Bonjol Padang, yakni mempertahankan dan mengembangkan Minangkabau sebagai gudang ulama dan kiblat keilmuan Islam di tanah air.

Pembangunan Fakultas Ushuluddin IAIN Imam Bonjol beranjak dari semangat dan cita-cita awal tersebut, sembari mengikuti dengan cerdas dan cermat segala perubahan yang terjadi. Dewasa ini, perkembangan berbagai aspek kehidupan masyarakat berjalan demikian cepat dan masif. Sedangkan agama harus tetap menjadi landasan dan pedoman semua perubahan tersebut. Untuk itu, pengembangan keilmuan agama Islam yang mencakup seluruh aspek kehidupan masyarakat yang selalu dinamis merupakan suatu kemestian.

Dalam hal ini, Fakultas Ushuluddin IAIN Imam Bonjol Padang berkeyakinan bahwa kerja besar tersebut mesti diawali dengan memberdayakan dan mengeksplorasi khasanah keilmuan Islam dan men-sinergikannya dengan perkembangan kehidupan masyarakat yang terjadi. Dari sinilah kemudian dilahirkan berbagai bidang keilmuan Islam yang mampu menjawab, mendorong, dan mengarahkan perubahan sosial, di mana ilmu-ilmu keushuluddinan dapat menjadi sumbangan mendasar dan besar bagi pengembangan ilmu-ilmu lain dan memperkaya kebudayaan. Oleh sebab itu riset dan kajian ilmu-lmu keushuluddinan menjadi faktor penting untuk dikembangkan.

Keinginan Fakultas Ushuluddin IAIN Imam Bonjol Padang untuk menjadi fakultas yang unggul dan kompetitif diarahkan kepada pengembangan sistem penjaminan mutu pendidikan yang terstruktur dan berkesinambungan yang mampu mencapai strandar akreditasi tinggi sehingga menjadi lembaga yang diakui dengan hasil produk dapat diterima dan terpakai di bidangnya.

Dengan cara demikian, Fakultas Ushuluddin IAIN Imam Bonjol Padang dapat memainkan perannya secara maksimal dan memberikan sumbangan yang berharga bagi terwujudkan masyarakat dan manusia seutuhnya secara umum dan pembangunan masyarakat muslim yang sejahtera lahir dan batin berdasarkan nilai-nilai ajaran Islam secara khusus. Kedasaran dan cita-cita demikian termaktub dalam visi, misi, dan tujuan strategis Fakultas Ushuluddin IAIN Imam Bonjol Padang sebagaimana dipaparkan sebagai berikut.

A. Visi

” Menjadi fakultas yang excellent dalam pengkajian pokok-pokok agama Islam secara mendalam”.

B. Misi

“Melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi yang berorientasi pada pemahaman dan pengembangan pemikiran serta penelitian di bidang al-Qur’an dan Hadis, Akidah Filsafat, Studi Agama-agama serta Psikologi Islam.”

C. Tujuan

“Menghasilkan sarjana yang memiliki kemampuan untuk peningkatan pemahaman dan pengembangan pemikiran serta penelitian di bidang al-Qur’an dan Hadis, Akidah Filsafat, Studi Agama-agama serta Psikologi Islam.

D. Jurasan-Jurusan

1. Aqidah Filsafat (S1)

Jurusan Akidah Filsafat memiliki visi menjadi jurusan yang unggul dalam kajian aqidah tauhid, filsafat dan tasawuf. Visi ini ingin dicapai dengan menjalankan beberapa misi sebagai berikut: a) melaksanakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang aqidah tauhid, falsafah dan tasawuf; menanamkan nilai-nilai tauhid dan membimbing berpikir filosofis dalam kehidupan; melaksanakan penelitian dalam bidang aqidah tauhid, falsafah dan tasawuf. Semuanya bermuara kepada tujuan untuk menghasilkan sarjana yang ahli dalam Aqidah dan Filsafat yang dapat merespon perkembangan dan kebutuhan masyarakat dengan gelar sarjana Filsafat Islam (S.Fil.I).

2. Perbandingan Agama (S1)

Jurusan Perbandingan Agama memiliki visi untuk menjadi jurusan yang mengembangkan pengetahuan di bidang perbandingan agama serta membangun kehidupan yang majemuk sesuai perspektif Islam. Untuk itu, dilakukan misi sebagai berikut: a) melaksanakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang ilmu perbandingan agama; b) menanamkan nilai-nilai tauhid yang kokoh untuk mampu melakukan dialog antar umat beragama serta membendung ekses negatif pluralitas agama dan budaya; c) melaksanakan penelitian, pengembangan, dan kerjasama dengan lembaga terkait dalam aspek sosial budaya, terutama bidang kerukunan hidup umat beragama. Dengan menjalankan misi tersebut secara baik, maka akan tercapai tujuan yang ingin, yakni menghasilkan sarjana muslim yang ahli dalam bidang Pebandingan Agama serta mampu menciptakan suasana kondusif untuk kerukunan dan kerjasama antar umat beragama.

3. Tafsir Hadis (S1)

Jurusan Tafsir Hadis memiliki visi menjadi jurusan yang terkemuka dalam menyiapkan sarjana dalam bidang al-Quran dan Hadis yang berkualitas dan berkemampuan mengembangkan sendiri keilmuannya serta berakhlak mulia. Dalam rangka pencapaian visi tersebut, dilaksanakan misi sebagai berikut: a) menyiapkan sarjana muslim yang berkualitas, responsif terhadap perkembangan ilmu dan teknologi, beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia; b) menyiapkan sarjana yang mampu mengembangkan keilmuan di bidang al-Quran dan Hadis dengan berpijak pada paradigma normatif dan menerapkannya dalam proses pendidikan, pengajaran dan penelitian; c) memberikan alternatif pemecahan yang bersifat praktis terhadap persoalan yang terjadi dalam masyarakat, dengan menyebarkan hasil kajian al-Quran dan Hadis secara lisan dan tulisan. Dengan demikian menjalankan misi tersebut, diharapkan tercapai tujuan menghasilkan sarjana yang ahli dalam bidang Tafsir dan Hadis yang dapat merespon perkembangan dan kebutuhan masyarakat serta mengoperasionalkan konsep-konsep yang disyaratkan al-Quran dan Hadis.

4. Psikologi Islam (S1)

Psikologi Islam memiliki visi menjadi jurusan yang terkemuka yang dapat melahirkan sarjana psikologi Islam yang apresiatif, responsif terhadap persoalan umat dan mengintegrasikan nilai-nilai Islam yang bersumber dari al-Quran dan Hadis dengan psikologi. Misinya adalah sebagai berikut: a) mengantarkan mahasiswa memiliki kemantapan akidah dan keteladanan spiritual, keluhuran akhlak, dan keluasan ilmu yang membantu perwujudan kematangan propesional; b) memberikan keyakinan terhadap penggali ilmu pengatahuan pada umumnya dan khususnya ilmu pengetahuan psikologi yang bercirikan Islam; c) mengembangkan ilmu pengetahuan psikologi Islam melalui pengkajian dan penelitian ilmiah; d) memberikan keteladan dalam kehidupan atas dasar nilai-nilai Islam dan budaya luhur bangsa Indonesia; e) mewujudkan iklim yeng kondusif untuk menciptakan empat pilar belajar: belajar untuk menguasai ilmu pengetahuan, belajar untuk menguasai keterampilan (learning to do), belajar untuk hidup bermasyarakat (learning to live together), dan belajar mengembangkan dunia ilmiah (learning to be); f) melaksanakan kerjasama dengan berbagai lembaga perguruan tinggi negeri dan swasta serta instansi lain dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dan lapangan kerja. Tujuan jurusan Psikologi Islam adalah menghasilkan sarjana Psikiologi Islam yang berjiwa pancasila, memiliki integritas serta tanggung jawab ilmiah dan sosial, baik dalam tugas-tugas maupun pengalaman ilmiah.

5. Program Khusus Ilmu Ke-Ushuluddinan (S1)

Program Khusus Ilmu Ke-Ushuluddinan memiliki visi mengembangkan dan menjadikan ilmu ushuluddin lebih humanis dan berdaya guna bagi kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara. Pencapaian visi tersebut dapat terwujud dengan menjalankan misi mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara serta melahirkan ulama (sarjana) yang menguasai ilmu-ilmu ushuluddin serta memiliki wawasan ke-Islaman yang komprehensif. Semuanya dilaksanakan untuk mencapai tujuan: a) menghasilkan sarjana (ulama) yang menguasai ilmu-ilmu ke-Islaman dan mampu menyampaikan dan mengaplikasikannya di era modern; b) menghasilkan sarjana S. 1 yang siap bersaing untuk melanjutkan studi S.2 di dalam dan di luar negeri.

Sumber: Pusat Informasi dan Dokumentasi Fakultas Ushuluddin IAIN Imam Bonjol Padang

  1. Ya, saya juga bangga sebagai salah seorang alumni IAIN Imam Bonjol Padang

  2. Apa ada Web Ikatan Alumni IAIN

      • tafsirhadisiainib
      • Agustus 11th, 2009

      Terima kasih sudah membaca blog kami. Web Ikatan Alumni IAIN ada namanya http://www.iluni.iainimambonjol.com. menurut info terakhir kami dengar insya Allah Web ini akan lounching pada wisuda IAIN Imam Bonjol Padang hari Selasa, tanggal 18 Agustus 2009 yang akan datang

      • tafsirhadisiainib
      • Oktober 24th, 2009

      Sedang disiapkan oleh pengurus iluni yang baru dilantik, info jelasnya silakan tanyakan pada http://www.abdullahkhusairi.com

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: